402 views

Teknologi Yang Berkembang Pesat di Masa Pandemi

Kabar smart.id – Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia memunculkan pola dan kebiasaan hidup baru, termasuk dalam hal penggunaan teknologi. Sebelum Pandemi ada beberapa teknologi yang jarang dilirik, namun begitu terjadi Pandemi dan pembatasan sosial orang-orang ramai menggunakannya.

Seiring dengan pesatnya teknologi itu, maka seharusnya kita terbiasa dan beradaptasi jika tidak ingin semakin ketinggalan. Berikut ini beberapa teknologi yang berkembang pesat di era Pandemi.

  1. Teleworking

Teleworking adalah melakukan pekerjaan jauh dari tempat kerja apda umumnya, seperti bekerja dari rumah atau work from home. Komunikasi para pekerja kantoran berubah dari sebelumnya bertatap muka langsung dan rapat dalam satu ruangan kini menjadi komunikasi jarak jauh menggunakan teknologi dan aplikasi telekonferensi.

2. Tele Education

Dunia pendidikan dan pelatihan pun mengalami perubahan signifikan. Perkembangan pesat teknologi dan aplikasi telekonferensi memungkinkan kegiatan belajaran anak-anak PAUD, TK, SD, SMP, SMA hingga Perguruan tinggi dapat dilakukan tanpa tatap muka dan kontak fisik.

3. Telemedicine

Kehadiran telemedicine menjadi jawaban masyarakat untuk kemudahan mengakses pelayanan kesehatan. Inovasi telemedicine dan aplikasi kesehatan memungkinkan pasien dapat berkomunikasi dengan dokter tanpa tatap muka, berbagi informasi kesehatan, memesan dan membeli obat hingga mendapatkan data kesehatan tanpa harus ke rumah sakit.

4. Online shopping

Belanja online atau online shopping kini tidak lagi menjadi pilihan, namun sudah menjadi kebutuhan. Terlebih semakin kesini hampir semua kebutuhan masyarakat bisa dibeli secara online, dari perlengkapan rumah tangga, fashion, gadget, otomotif, hingga kebutuhan pokok.

5. Hiburan online

Hiburan online semakin berkembang di era Pandemi saat ini. Orang-orang semakin lama menghabiskan waktu luangnya bersama gadget untuk menikmati film, musik, game hingga wisata virtual. Untuk mendapatkan hiburan online secara lengkap berlangganan aplikasi streaming dan memilih paket internet dengan kuota besar menjadi cara paling tepat untuk menghemat pengeluaran. Terlebih lagi kini banyak publik figur dan selebritis yang tampil di YouTube dan aplikasi streaming lainnya.

6. Pembayaran digital

pembayaran digital semakin tren di era Pandemi ini. Banyak merchant-merchant dipusat perbelanjaan dan mall yang tidak lagi menerima transaksi uang tunai sebagai bagian dari protokol kesehatan dan upaya mencegah penyebaran virus. Metode pembayaran dengan aplikasi dompet digital dari smartphone menjadi cara yang paling dianjurkan karena minim kontak fisik dan efisien. (Dikutip dari scienthink Indonesia).

Smart school pun mulai tahun ini melakukan hal yang sama. Sehingga orangtua murid tidak perlu ke sekolah untuk melakukan transaksi pembayaran. (R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *