477 views

Melalui Hari Kesaktian Pancasila, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Anak Sejak Dini

Kabarsmart.id || Hari Kesaktian Pancasila adalah salah satu hari nasional bagi bangsa Indonesia yang diperingati setahun sekali pada tanggal 1 Oktober. Hari Kesaktian Pancasila ini berkaitan dengan Gerakan 30 September atau yang dikenal juga dengan G30S/PKI.

Di momen ini, Mom bisa mengajarkan sikap nasionalisme pada anak dengan cara-cara yang seru. Dengan begitu, si kecil akan belajar menumbuhkan perasaan cinta tanah air (nasionalisme) sejak dini, ucap Astriana Agus,S.Pd Kepala Sekolah TK IT Smart School Makassar.

Nasionalisme adalah sikap setia secara mendalam pada tanah air. Contoh sikap nasionalisme antara lain menunjukkan sikap menghormati dan menghargai orang tua, menjadi warga negara yang taat aturan, disiplin menjalankan kewajiban, dan melestarikan budaya Indonesia, jelasnya lagi.

Sikap nasionalisme sudah harus diajarkan pada anak sejak dini, agar menjadi kebiasaan sampai ia dewasa. Mengingat anak adalah peniru yang ulung, jadi orang tua harus mencontohkan kebiasaan-kebiasaan tersebut secara langsung.

Beberapa hal yang perlu diajarkan kepada anak diantaranya, menonton film edukasi anak, berkunjung ke museum, mendongeng cerita rakyat Indonesia, ajak anak bermain permainan tradisonal, mengenalkan anak dengan kebudayaan nasional, mengenalkan lagu dalam negeri maupun ajak menggunakan produk dalam negeri, tutur Ibu Kepsek TK IT Smart School Makassar tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *