312 views

Inovasi Industri Kriya Berbahan Dasar Kulit Dari Mahasiswa UNHAS

Kabar Smart – “Lagaligo Leather Craft” karya mahasiswa Universitas Hasauddin berhasil lolos dalam Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Pusat Prestasi Nasional.

Mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas yang bernama Budimawan Teri menjelaskan, inovasinya dalam bidang kriya yakni menghasilkan kerajinan berbahan dasar kulit seperti tempat kartu identitas, pembungkus hp, tas laptop dan beberapa kerajinan lainnya.

“Idenya berawal dari banyaknya mahasiswa yang menggunakan buku catatan dengan sampul kulit”, tutur Budi

Karena melihat banyaknya potensi konsumen akhirnya Budimawan kemudian tertarik mengembangkan produk tersebut.

Makna nama “Lagaligo Leather Craft” yaitu untuk memperkenalkan kearifan lokal Sulawesi Selatan.

Kata Lagaligo belum cukup dikenal oleh kalangan anak muda namun terkenal luas di mancanegara.

“Harapan saya, Lagaligo Leather Craft dalam jangka panjang tidak hanya memproduksi produk akan tetapi menjadi wadah pengembangan keterampilan bagi pemuda yang membutuhkan skill tambahan maupun ibu rumah tangga”, jelas Budi. Selasa (13/10/2020)

Hambatan paling utama selama proses persiapan terletak pada proses produksi khususnya mesin yang digunakan yakni “engraving mechine” berfungsi memotong dan melaser.

“Untuk bisnis starup seperti ini harganya cukup mahal” ungkap Budi dikutip dari sulselsuaradotcom

Budi berharap proses produksi dan pemasaran dapat ditingkatkan melalui pendanaan KIBM. Sekaligus memiliki peluang berdaya saing dengan produk serupa dari daerah lain. (HA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *