589 views

Sekelumit Catatan Kepsek TK IT Smart School Di Bima-NTB

KabarSmart.Id ||  Perjalanan Kepala Sekolah TK IT di Kabupaten Dompu Kecamatan Kempo, Bima_NTB memberi kesan dan cerita tersendiri selama 3 hari di daerah tersebut.(26/10/2020)

Kepsek TK IT Smart School Makassar, Astriana Agus,S.Pd selama perjalanannya menjelaskan sekelumit kunjungannya di daerah Dompu Kecamatan Kempo, Bima_NTB dengan selain tujuan kunjungan keluarga, juga ingin mengenali sekelumit karakteristik daerah tersebut.

Dalam kunjungan itu, Bu Astriana yang akrab disapa Bu Astry sangat senang dengan keramahan dan budaya menyapa yang diperlihatkan oleh masyarakat di Desa Ta’a Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu Provinsi NTB selama dirinya 3 hari disana.

“Alhamdulillah, ada beberapa hal yang menjadi catatan saya selama disana yakni ada banyak kemiripan dan kesamaan dari segi bahasa maupun adat istiadat disana, salah satunya seperti kursi dalam bahasa daerah di Bima yaitu “Kadera” di Makassar pun kursi bahasa daerahnya adalah kadera.” Tutur Bu Astry yang selain pernah mengecam pendidikan guru SD di Unismuh hingga selesai, juga pernah mengecam pendidikan 4 semester di jurusan seni rupa Unismuh Makassar.

Berbekal jiwa seni dan jiwa mendidik inilah, yang menjadikan Bu Astry antusias mengenal sekilas tentang Bima khususnya di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, NTB. Tidak hanya itu, Bu Astry juga menjelaskan bahwa kesamaan budaya dengan Makassar seperti bandul (hiasan adat pengantin wanita) maupun beberapa model pakaiannya seperti model baju bodo.

Memiliki jiwa didik, Bu Astry juga menuturkan terkait proses pembelajaran yang diterapkan oleh beberapa daerah di Bima, NTB didalam kondisi pandemi covid-19 ini diantaranya selain via zoom ada nada juga pihak Guru yang langsung mendatangi siswa dirumahnya satu persatu karena keterbatasan perangkat internet dan jaringan yang susah terjangkau.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *