298 views

Ketahanan Pangan Berbasis Pesantren, BNI Syariah Kucurkan 1,2 M

Kabar smart.id – Pesantren memiliki peran sangat strategis dalam menopang pemberdayaan ekonomi mikro. Lahirnya pelaku UKM di lingkungan pesantren dapat menjadi contoh akan ketahanan pangan berbasis komonitas.

Dalam rangka memperingati hari Santri 22 Oktober tahun ini, Bank BNI Syariah mengucurkan dana bantuan sebesar 1,2 miliar ke beberapa pondok pesantren.

Dana tersebut rencananya akan digunakan sebagai pembangunan fasilitas sarana para pelaku UKM di lingkup pesantren sarta program pelatihan ketahanan pangan.

Menurut Firman Wibowo Direktur Utama Bank BNI Syariah dalam keterangan tertulisnya, “diharapkan bantuan ini dapat mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan berbasis pesantren dan komonitas” katanya di Jakarta.

Saat ini rencananya baru empat pesantren yang akan mendapatkan bantuan, diantaranya pesantren Madinatul Jannah Tanggerang Selatan, pesantren Investa Cendekia Amanah Depok, pesantren Al Ittifak Bandung, dan pesantren Syaikh Annawawi Tanara Serang Banten.

Berdasarkan data dari kementerian koperasi dan UKM tahun 2017, terdapat 64 juta pelaku UMKM di Indonesia diantaranya 97 % pelaku usaha mikro dan menyerap tenaga kerja lebih dari 107,2 juta orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *